Cara Cepat Menghafal Jenis-Jenis Awan

Selamat siang adik2? bagaimana kabarnya, sehat semua? Perlu di ketahui pentingnya macam-macam awan bagi seorang penerbang. Jangan yang tahu cuma CB CB saja, masih banyak awan lain yang perlu adik2 ketahui.
Disni saya akan mengajari adik2 bagaimana si cara menghafal macam-macam awan yang banyak sekali.  Pastinya Instructor Meteorology kalian sudah memberi tahu aneka ragam awan, tapi bukan disitu letak permasalahan kita sebagai siswa baru. Masalahnya kita perlu menghafal itu semua dengan cepat dan  praktis, sehingga tidak terbalik-balik, bukan begitu? langsung saja ikuti metodenya.

Metode Menghafal  Cepat:

Cumulus (Mencar)
1. Ingat, awan hanya ada 2
    -Cumulus (bentuknya sendiri-sendiri, atau mencar)
    -Stratus (bentuknya berkumpul atau kumpulan awan cumulus)

Sampai sini sudah di ketahui, jika adik2 keluar rumah untuk melihat ke atas awan, maka adik2 bisa mengetahui mana itu awan Cumulus dan Stratus.
Oke lanjut ke step berikutnya. selain sudah kita ketahui mana awan yang mencar dan mana awan yang ngumpul, kita juga harus perlu tahu beda2 awan berdasarkan ketinngiannya.

  
Stratus (kumpulan kumulus)

   2. Menghafalkan awan dari letak              Ketinggiannya.
      - Awan Rendah tidak ada sebutannya (dibawah 6500ft)
      -Awan Menengah sebutannya Alto (6500ft-20.000ft)
      -Awan Tinggi Sebutannya Cirus (20.000 keatas)

  Nah sampai disini ada yang masih bingung?, jika masih bingung     coba hafalkan sekali lagi, atau hafalkan step ke duanya saja dulu.
Yap lanjut ke tahap berikutnya. Saatnya menggabung gabungkan kan kata dari step yang pertama dan yang kedua. apa maksudnya?

3. Gabungkan Jenis Awan
Setelah di gabungkan maka akan menjadi;

-Awan rendah karena tidak ada sebutannya maka hanya
        -Cumulus (Awan rendah yang mencar)
        -Stratus Cumulus (Awan rendah kumpulan cumulus)

-Awan menengah karena sebutannya Alto maka menjadi
        -Altokumulus (Awan menengah yang mencar)
        -Altostratus (awan menegah kumpulan Altokumulus)

-Awan tinggi sebutannya cirus, maka menjadi
        -Ciruskumulus (awan tinggi yang mencar)
        -Cirusstratus (awan tinggi kumpulan ciruskumulus)

        -Cirus (tambahan saja, sirus awan tinggi halus berbentuk bulu ayam)


  Setelah di gabungkan semuanya menjadi mudah bukan? hanya ada dua awan berbeda dengan 3 ketinggian berbeda, sehingga pokoknya hanya ada 6 macam awan.
Lalu bagaimana dengan CB yang sering kita dengar atau nimbo strartus, apa itu?

Awan Khusus
untuk awan khusus disini di tambahkan 2 saja yang sering kepake yaitu awan Cumulus Nimbus dan Nimbus Stratus. Kenapa kepake? karena dua awan ini penyebab hujan dan termasuk yang berbahaya

-Nimbus Stratus
Ingat adik2 semua awan yang ada embel-embel 'Nimbus'nya berarti awannya menyebabkan hujan.
Nimbus Stratus berarti Awan yang ngunpul dan menyebabkan hujan, dimana letaknya? awan ini termasuk awan rendah, di bawah 3000ft

-Cumulus Nimbus
Dari namanya ada Nimbusnya berarti jelas awan ini penyebab hujan,tidak cuma hujan, awan ini lebih berbahaya dari pada Nimbus Stratus karena bisa menyebabkan kilat, petir bahkan badai. awan gelap kehitaman ini letaknya menjulang tinggi vertikal jadi bisa ada dimana saja

Cumulonimbus menjulang tinggi 



Bagaimana adik2 mudah sekali bukan? jika adik2 membacanya perlahan tadi, pasti sudah hafal sekarang, jadi intinya awan hanya ada 6 + cirus awan bulu ayam + 2 awan penyebab hujan.
Jadi total sekarang adik2 sudah hafal 9 jenis awan berbeda, tidak seperti sebelumnya taunya hanya CB CB saja hehehe. Untuk gambar saya tidak melampirkannya disini, karena judul dari halaman ini adalah metode menghafal cepat, search di google picture jika penasaran bentuknya seperti apa bentuknya. Tugas adik2 sekarang adalah mempresentasikan atau mengajari teman adik2 bagaimana cara menghafal 9 awan ini. agar adik2 lebih matang dalam hafalan tentang awan. selamat mencoba :D

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tafor, Metar & QAM Pusing itu Semua Apa? disni kita kupas!!

Apa itu TORA, ASDA, LDA & TODA???

Masih Bingung Apa itu MSA,MORA, Grid MORA, MOCA & MEA???