Apa Saja Dokumen Pesawat yang Harus Ada Saat Adik2 Ingin Latihan Terbang??

Adik2 ingin melakuakan latihan terbang hari ini, pesawat tersedia, instructor pun siap. Tapi tunggu dulu adik2, adik2 jangan asal naik pesawat saja, pastikan pesawat adik2 sipa untuk di terbangin, bagaimana tau pesawat adik2 siap atau tidak? 
lebih mudah nya check kelengkapan dokumen yang ada dipesawat adik2, sebab bila tidak lengkap, bisa berabe akibatnya, bisa di groundid bila ketauan, bahkan dari pesawatnya sendiripun bisa saja benar-benar tidak siap dan bisa mencelakaan adik2.

langsung saja apa si dokumen yang harus adik2 check?



1. Co Airworthness
Air Worthness Certificate adalah sertifikat kelayakan pesawat yang adik2 gunakan, layak terbang atau tidak. di kutip dari website resmi FAA Air Worthness Certificate didapat dari inspector keamanan udara, atau di Indonesia dari DKUPPU dinas perhubungan udara.
"Only FAA Aviation Safety Inspectors and authorized Representatives of the Administrator (i.e.Designees), as defined in 14 CFR Part 183, "Representatives of the Administrator", are authorized to issue an FAA airworthiness certificate."


2. Registration Certificate
Registration Certificate berisi tentang, pesawat adik2 yang diguakan saat latihan ini sudah tergristrasi di kemenhub atau belum, atau malah peasawt adik2 ini barang selundupan? hehehe tidak mungkin lah ya, tapi alangkah lebih baik di check terlebih dahulu.


3. Radio Telephony / Lisence of Radio
Sertifikat tentang radio peasawat atau alat komunikasi di pesawat ini di buat terpisah, karna memerlukan ke detailan tersendiri, dari website resmi FCC (Federal Comunication Comisson) lisence ini berisi tentang kelayakan pengoperasian dua jalur VHF radio untuk komunikasi pesawat (frekuensi sangat tinggi) , untuk radar & emergency locator transmitter (ELT). Lisence of Radio ini hanya berlaku 10 tahun dan harus di perpanjang FCC.


4. Maintenance log book
log book ini berisi tentang riwayat perawatan pesawat yang di berikan teknisi yang bersangkutan. Jika dokumen ini tidak ada, cukup tanyakan ke teknisi sekolah adik2.


5. Certificate of Powerplant
sertifikat ini berisi khusus tentang kelayakan powerplant (kelayakan engine) pesawat adik2 di rilis oleh teknisi.


6.Fuel Cornet Sertificate
Fuel yang digunakan pesawat adik2 juga tidak sembarangan, fuel sudah di tentukan di Fuel cornet Sertificate, tidak hanya tentang itu sertifikat ini juga berisi tentang semua yang berhubungan dengan bahan bakar pesawat. jika dokumen ini tidak ada, maka bisa di tanyakan ke teknisi.

Banyak dokumen-dokumen pesawat yang erat kaitannya dengan  teknisi kita, maka dari itu alangkah lebih baik jika kita menjalin hunguan baik dengan teknisi pesawat.


kenapa kita perlu melalukan ini? seumpama sejauh ini pesawat adik2 baik-baik saja, atau bahkan dari teknisi sudah pasti merilis pesawat yang berdokumen lalu kenapa kita harusrepot2 memeriksanya?
jawabannya sederhana adik2, yaitu 'profesionalitas'. Pilot adalah profesi yang erat kaitannya dengan profesionalitas-an, dan itu tidak bisa didapat secara instan kelak ketika adik2 sudah bekerja. Adik2 harus melatihnya sejak dari sekolah pernerbang.

tidak membutuhkan waktu lama untuk mengecek dokumen2 pesawat, hanya 3 menit setiap sebelum terbang, bisa di lakukan pagi2 sesampainya adik2 di bandara, atau bahkan setelah preflight check. Dengan 3 menit ini bisa mencerminkan 'profesionalitas-an' adik2 saat di flying school, atau bahkan saat bekerja nanti, jadi apa salah nya meluangkan 3 menit untuk salah satu ciri menjadi pilot yang profesinal? hehehehe 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tafor, Metar & QAM Pusing itu Semua Apa? disni kita kupas!!

Apa itu TORA, ASDA, LDA & TODA???

Masih Bingung Apa itu MSA,MORA, Grid MORA, MOCA & MEA???